Pages

Subscribe:

Rabu, 28 Desember 2011

PERPADUAN PENDIDIKAN SENI DAN IT MEMBUAT AKTIF KREATIF INOVATIF SISWA

PERPADUAN PENDIDIKAN SENI DAN IT MEMBUAT AKTIF KREATIF INOVATIF SISWA
Berawal dari keinginan untuk tetap berkarya dalam dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan media Informasi Teknologi saya mencoba mengkolaborasikan Pendidikan yang saya geluti yaitu Seni Budaya, Dipadukan dengan Informasi Teknologi (Internet). Bidang yang saya ajarkan dalam pembelajaran di SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi adalah Seni Budaya. Pembelajaran yang berkaitan dengan IT sangat erat sekali. Karena setiap apa yang dikerjakan selalu menggunakan media Komputer (Laptop).
Misalnya saat siswa diberikan tugas yaitu pembuatan presentase mengenai sejarah musik. Membuat dengan menggunakan Power point dengan mencari dengan bersumber Internet. Lalu kemudian tulisan tersebut di publish kembali ke media blog.
Seni dan Blog adalah dunia yang berbeda namun sangat memiliki peran penting bagi siswa. Saat perkembangan IT telah berkembang pesat, siswa telah banyak yang terlena dengan hal hal sifatnya jejaring sosial. Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya selaku guru bidang studi seni budaya SMAN Pintar, berusaha mengaktifkan siswa dengan mewajibkan memiliki blog setiap siswanya. Sehingga dengan memiliki blog, siswa dapat menuangkan ide gagasan dan karyanya yang bersifat artistik misalnya karya sastra puisi, cerpen, karya musiknya , serta karya seni rupanya kedalam media blog. Sehingga harapan setiap guru, tentunya siswa dapat kreatif (menghasilkan sesuatu) dari kerja proses kreatifitas yang dilakukan.
Setelah keaktifan dan kreatif telah dimiliki tentunya siswa akan termotivasi untuk menginovasikan karya seni nya dengan hal hal yang baru dan dapat memupuk mental percaya diri dalam berkarya dan menghasilkan produk berkualitas. Seperti adanya kompetisi Seni Desain Blog yang terus dilaksanakan setiap tahun se Provinsi Riau, adalah wadah siswa untuk menyalurkan bakatnya dalam Seni Design dan dunia Blog.
Dengan adanya pendidikan karakter bangsa. Setiap guru dan siswa diharapkan dapat terus mengasah skill dan kelimuannya untuk terus dan terus belajar. Sehingga harapan dari pendidikan saat ini akan terlihat dengan kualitas dan kreeatiftas siswa dengan terus diwadahi dan difasilitasi dengan sarana parasarana sesuai dengan kemampuan sekolahnya. Kalo pun siswa tidak bisa mengakses IT di sekolah. Tentunya siswa bisa mengusahakan untuk mencari hal hal terbaru dari pembelajaran IT dengan memadukan pembelajaran seni. Hal yang demikian sudah diterapkan pada sekolah SMAN Pintar Kabupaten Singingi, semenjak di dirikannya bulan juni 2007. Sehingga guru dan siswa terus aktif menggunakan blog yaitu IT dalam media pembelajaran. Dan tentunya siapapun bisa mengakses setiap keilmuan yang berbeda. Seperti blog saya ronaldorozalino.blogspot.com , berisi mengenai pendidikan, seni, mengajarkan bisnis, dan motivasi.
Semua itu sebenarnya kembali kepada guru dan siswa, karena era perkembangan seni dan teknologi terus mengalami kemajuan yang pesat. Bila lengah dalam pembelajaran, yakin dan percayalah. Guru dan siswa itu sendiri akan kalah bersaing oleh kemajuan IPTEK SAINS SENI yang mendunia. Saya berharap setiap siswa misalnya SMA/SLTA sederajat memiliki blog sebagai sarana mediasi tulisan mengenai ilmu dan skillnya. Peran guru untuk memotivasi sangat penting karena tanpa motivasi dan pembuka cakrawala mengenai seni desain blog, siswa akan terlihat Gaptek. Jangan hanya bisa bermain facebook, namun malas dan menutup diri untuk berkarya seni melalui blog yaitu IT. Apa yang siswa laksanakan saat ini, sesungguhnya beberapa tahun kemudian akan dibuktikan dengan hasil yang kita tiada ketahui. Semoga berkah dan kebaikan buat guru yang aktif kreatif inovatif kepada siswa atau terdidiknya. SALAM AKTIF KREATIF INOVATIF.
(Tulisan ini telah Publish di Media Koran Riaupos, Pada Hari Minggu, 18 Desember 2011,  Kolom Guru Menulis, Dengan Judul Perpaduan Seni dan IT Membuat Kreatif Siswa)
Biodata Diri
clip_image002

NIP : 19830730 2011021002
Instansi : SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau
Guru/Tupoksi : Guru SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau/ Humas SMAN Pintar
Hobi : Menulis, Membaca, Ngeblog , Seni Musik, Seni Fotografi, Seni Videografi, Editing
Video, Broadcasting, Internet, Online.
Minat : Pendidikan, Seni, Bisnis, Musik, Menulis, Internet, Jurnalistik
HP : 085363554777
Alamat : Perumahan Dinas SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi
Motto: 3 T , Tekun Tabah Takwa (Semoga bisa menjalani dengan baik, Amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar